Sunday 11 November 2018

CYAL 2018: Awal Mula

Ping! Bunyi nyaring beruntun dari ponselku, khas whatsapp, pertanda keramaian satu grup. Ternyata grup Akademos inner Circle. Ikki, membagikan beberapa link terkait beasiswa fully funded yang bias kita ikuti. Ada COADY, CYAL dan sebagainya dengan segala persyaratan dan pembahasan. Singkat cerita, Ikki dan saya berencana mendaftar dalam CIMB Young ASEAN Leaders yang akan diadakan di Malaysia, tanggal 19-24 Oktober 2018.

Di tengah beberapa agenda seperti Workshop of Academic Writing, Breference dan juga les-lesan online, dan kuliah, saya menyiapkan esainya. Mungkin bagian ini yang paling penting dalam mengapply suatu beasiswa ataupun program,
yang pesan ini saya dapatkan dari Ikki, awardee banyak program yang sudah berhasil berkeliling ke 27 negara. Terkait esai, usahakan kamu menjadi seperti apa yang mereka cari dan jawabanmu menjawab pertanyaannya.

Singkat cerita, untuk kegiatan CIMB ini, mereka mencari orang-orang yang mengerti tentang ekonomi dan tata smart city, sehingga cobalah menguraikan kegiatan yang berkaitan dengan hal tersebut. Saya yang fokus mempelajari akuntansi, akhirnya menjelaskan pengalaman saya terkait design thinking semasa Learning Express dan benefitnya dalam kegiatan tersebut jika mereka memilih saya.

Selama dua minggu, saya menyiapkan CV sesuai dengan apa yang mereka cari, masukkan kegiatan apa saja yang saya ikuti, yang berkaitan dengan tema. Berdasarkan suatu laman website dari hasil berselancar di dunia maya, memang kita harus menyiapkan esai jauh-jauh hari dan mempelajari skemanya. Pengalaman saya yang sangat last minute person juga mengajarkan saya untuk mempersiapkan semuanya jauh hari.

Tanggal 21 September 2018, tepat pukul 6 sore, saya bersiap mengirimkan data. Ternyata data yang sudah 2 minggu saya siapkan tetaplah selesai di menit-menit terakhir penutupan aplikasi. Masuklah email yang menyatakan aplikasi saya sudah diterima pihak penyelenggara. Akhirnya, setelah itu, saya memberitahukan Ikki, yang ternyata baru membuat dan mengirim aplikasinya setelah saya mensubmit berkas saya dan mengechatnya! ASTAGA!

Chy, if I got selected, that is because of you” chat Ikki pada saya. Saya tertawa dan membalas, “If I got selected, that is because of you too. Thanks for your information several weeks ago”. Saya sangat berharap, Ikki bisa lulus dalam kegiatan tersebut, kan akan sangat menyenangkan jika berangkat bersama. Dan ternyata….

Beberapa hari kemudian, saya mendapat telepon dari nomor yang tak dikenal yang berasal dari Malaysia! Sesampai saya dari kos sedari perpustakaan, saya langsung membuka hp. Memang, dalam perpustakaan, hp saya ubah menjadi mode diam, sehingga segalanya tidak diketahui. Kondisi di hari jumat, selepas maghrib, tidak mungkin menelepon kembali. Setelah melacak kode, ternyata asal daerah yang akan menyelenggarakan kegiatan tersebut. Saya takut telah melewatkan kesempatan. Kalut…


Logo CYAL

No comments:

Post a Comment